3D Secure – Transaksi online lebih aman dan nyaman

Apakah 3D Secure?

Untuk meningkatkan keamanan dalam bertransaksi online, Kartu Kredit ANZ memperkenalkan fitur 3D Secure (3 Dimensional Secure) sebagai perlindungan ekstra untuk verifikasi sebelum melakukan transaksi online Anda.

Fitur:  

  • Dengan 3D Secure, ANZ akan mengirimkan 6 digit acak Kode Otorisasi ke nomor handphone Anda melalui SMS. Kode Otorisasi akan dipakai di setiap transaksi online menggunakan Kartu Kredit ANZ di semua merchant e-Commerce yang berlogo Verfied by Visa atau MasterCard Secure Code.
  • Kode Otorisasi hanya dipakai satu kali untuk setiap transaksi online.

Catatan penting:

Pastikan nomor handphone yang terdaftar di sistem kami baik nomor handphone pemegang kartu utama maupun kartu tambahan adalah nomor GSM terbaru yang aktif. Untuk memperbaharui nomor handphone Anda, hubungi 24-Hour ANZ Call Centre.

  1. Apakah yang dimaksud dengan 3D Secure?
    3D Secure adalah fitur baru dari Kartu Kredit ANZ untuk meningkatkan keamanan transaksi online Anda. ANZ akan mengirimkan 6 digit acak Kode Otorisasi yang akan di kirim via SMS sebelum melakukan transaksi online menggunakan Kartu Kredit ANZ di merchant e-Commerce yang berlogo Verfied by Visa atau MasterCard Secure Code.

    Screen Kode Otorisasi:

    Verified by Visa
    Contoh layar 3D Secure Visa

    MasterCard SecureCode:
    Contoh layar 3D Secure MasterCard
  2. Bagaimana cara mendapatkan Kode Otorisasi?
    6 digit Kode Otorisasi akan dikirim ke nomor handphone Pemegang kartu utama dan tambahan yang terdaftar melalui SMS. Untuk memperbaharui nomor handphone Anda (Pemegang kartu Utama maupun tambahan), hubungi 24-Hour ANZ Call Centre.

  3. Jika pemegang kartu tambahan saya melakukan transaksi online di merchant 3D Secure, kemana Kode Otorisasi akan dikirim?
    6 digit Kode Otorisasi akan dikirim ke nomor handphone pemegang kartu tambahan Anda yang terdaftar di sistem ANZ. Oleh karena itu, pastikan nomor handphone pemegang kartu tambahan Anda valid.

  4. Jika saya tidak mendapatkan Kode Otorisasi, apakah saya tetap bisa melengkapi transaksi online saya?
    Jika merchant online Anda membutuhkan Kode Otorisasi, maka Anda harus memasukkan nomor Kode Otorisasi. Jika tidak maka merchant online tidak dapat menerima pembayaran Kartu Kredit ANZ Anda, sehingga Anda tidak dapat melengkapi transaksi online tersebut. Anda harus menghubungi 24-Hour ANZ Call Centre untuk memastikan nomor handphone yang terdaftar di ANZ sudah benar, jika belum, Anda harus memperbaharui nomor handphone Anda.

  5. Berapa lama validitas periode untuk setiap Kode Otorisasi?
    Kode Otorisasi yang diterima melalui SMS berlaku selama 5 menit. Jika melampaui batas periode ini, Kode Otorisasi akan kadaluarsa; dan akan kembali ke menu website utama. Atau pemegang kartu kredit juga dapat klik 'resend Authorisation Code' untuk mendapatkan Kode Otorisasi baru. Tetapi 'resend Authorisation Code' hanya dapat dilakukan 3 kali.

  6. Apa yang terjadi jika saya memasukkan Kode Otorisasi yang salah?
    Anda memiliki 3x kesempatan untuk memasukkan Kode Otorisasi. Jika kode Otorisasi diinput 3 kali salah, maka kartu kredit Anda akan terblokir dan tidak dapat digunakan untuk transaksi online. Pemegang Kartu Kredit harus menghubungi 24-Hour Call Centre untuk mengaktifkan kembali kartu kreditnya.

  7. Mengapa Kode Otorisasi penting?
    Kode Otorisasi sangat penting sebagai tingkat kedua verifikasi untuk transaksi online. Dengan Kode Otorisasi ini, Anda dapat melakukan transaksi online menggunakan Kartu Kredit ANZ dengan aman dan nyaman.

  8. Apakah Kode Otorisasi yang digunakan untuk transaksi online 3D Secure sama dengan PIN 6 digit yang digunakan untuk transaksi ritel?
    Tidak, Kode Otorisasi yang digunakan untuk transaksi online 3D Secure hanya bisa digunakan sekali untuk transaksi di situs online berlogo Verified by Visa atau MasterCard SecureCode. Sedangkan PIN 6 digit yang digunakan untuk ritel bisa digunakan untuk semua transaksi di merchant offline dan penarikan dana tunai di ATM.

  9. Apakah saya dapat menerima Kode Otorisasi jika berada di luar negeri?
    Ya, Anda tetap dapat menerima Kode Otorisasi jika nomor handphone yang terdaftar di sistem kami adalah nomor handphone GSM yang juga aktif di luar negeri. Pastikan fasilitas roaming dengan operator handphone Anda.

  10. Apa yang terjadi jika nomor handphone terbaru saya belum terdaftar di sistem bank dan bagaimana cara memperbaharui nomor handphone saya?
    Anda dapat menghubungi 24-Hour ANZ Call Centre untuk memperbaharui nomor handphone Anda.

  11. Berapa lama saya bisa mengajukan permintaan Kode Otorisasi jika saya telah memperbaharui nomor handphone saya?
    Harap menunggu 5 hari kerja untuk pengaktifan nomor handphone Anda di sistem kami dan siap menerima Kode Otorisasi.

  12. Di merchant online mana saja 3D Secure dapat digunakan?
    3D Secure dapat digunakan di merchant online yang mempunyai logo Verified by Visa atau MasterCard Secure Code. Berikut adalah beberapa dari merchant online yang telah dilengkapi dengan 3D Secure:

    www.tiket.com
    www.traveloka.com
    www.airasia.com
    www.garuda-indonesia.com
    www.lionair.co.id
    www.citilink.co.id
    www.hotels.com
    www.lazada.com
    www.reebonz.com
    www.groupon.co.id
    www.elevania.co.id
    www.blibli.com
    www.bhinneka.com
    www.blanja.com
    www.dinomarket.com
    www.Berrybenka.com
    www.Hijabenka.com


 

Anda membutuhkan Adobe Reader untuk membuka file PDF. Anda dapat mengunduh applikasi Adobe Reader secara gratis.