Pada tahun 1973, Australia and New Zealand Banking Group Limited (ANZ Group) hadir untuk pertama kalinya sebagai kantor perwakilan ANZ Grindlays di Indonesia. Kemudian pada tahun 1993, ANZ Group mengambil alih 85% saham Bank Westpac di PT Westpac Panin Bank dan mengubah nama bank campuran tersebut menjadi PT ANZ Panin Bank.

ANZ Group dan Panin Bank menambahkan modalnya di PT ANZ Panin Bank pada tahun 2011 sehingga meningkatkan keseluruhan modal disetor menjadi Rp 1,65 triliun (setara dengan AU$ 180 juta) dan mengubah komposisi kepemilikan saham menjadi 99% dimiliki oleh ANZ Group dan 1% dimiliki oleh Panin Bank.

Pada 12 Januari 2012, bank campuran ini mengubah namanya menjadi PT Bank ANZ Indonesia (ANZ) yang mencerminkan peningkatan kepemilikan saham ANZ Group pada bank ini. Hal ini menunjukkan komitmen ANZ untuk Indonesia dan pertumbuhan nasabahnya, serta menegaskan kembali posisi ANZ Group sebagai investor Australia terbesar di sektor jasa keuangan Indonesia dengan investasi mencapai lebih dari AU$ 1 miliar.

Dalam tujuh tahun, ANZ telah bertumbuh dari sebuah bisnis kartu kredit dengan dua cabang menjadi bank berlayanan penuh dengan 28 cabang di 11 kota besar seluruh Indonesia. Saat ini ANZ menyediakan berbagai produk dan layanan perbankan lengkap bagi nasabah korporasi melalui layanan perbankan korporasi, treasuri, trade finance, dan cash management. Untuk nasabah individu, ANZ menyediakan layanan perbankan ritel dan wealth management, kredit pemilikan rumah, serta pembiayaan konsumen (kartu kredit dan kredit tanpa agunan).

Komposisi pemegang saham PT Bank ANZ Indonesia

ANZ Banking Group Limited            99%

PT Panin Bank Tbk                        1%

Penghargaan dan Pencapaian

Per bulan Oktober 2015, ANZ mendapatkan peringkat kredit AAA (idn) dari lembaga pemeringkat Fitch Ratings. ANZ memperoleh banyak penghargaan, seperti penghargaan Asian Banker Excellence in Retail Financial Services Awards 2015 sebagai bank asing ritel terbaik di Indonesia, Retail Banker International Asia Trailblazer Awards 2015 sebagai bank dengan penawaran kartu kredit terbaik dan bank dengan keunggulan inovasi pinjaman terbaik, serta bank campuran nomor satu di Indonesia dalam Indonesia Banking Award 2014 dari Tempo Media Group.

28 Mei 2015
ANZ mendapatkan penghargaan dari Rekor Bisnis atas produk ANZ Home Loan yang merupakan kredit pemilikan rumah (KPR) pertama di Indonesia yang menerapkan suku bunga transparan dengan acuan Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR).
27 Agustus 2015
ANZ menerima penghargaan pada Asian Banker Excellence in Retail Financial Services Awards 2015 sebagai bank asing ritel terbaik di Indonesia.
26 Maret 2015
ANZ mendapatkan dua penghargaan Retail Banker International Asia Trailblazer Awards 2015 sebagai bank dengan penawaran kartu kredit terbaik (Best Credit Card Offering) dan bank dengan keunggulan inovasi pinjaman terbaik (Excellence in Loan Origination) se-Asia.
17 Oktober 2014
ANZ untuk pertama kalinya meraih Indonesia Banking Award 2014 dalam kategori bank campuran dari Tempo Media Group, salah satu kelompok media terbesar di Indonesia dan Indonesia Banking School, sekolah tinggi ilmu ekonomi yang didirikan Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI).
11 September 2014
ANZ mendapatkan penghargaan Indonesia WOW Brand 2014: Banking Industry untuk kategori kartu kredit dari MarkPlus Indonesia, perusahaan konsultan dan riset marketing di Indonesia.

 

Anda membutuhkan Adobe Reader untuk membuka file PDF. Anda dapat mengunduh applikasi Adobe Reader secara gratis.